- Home >
- PENGELOLAAN KELAS
Posted by : Unknown
Minggu, 02 Juli 2017
Mengapa Kelas Perlu Dikelola Secara Efektif?
Manajemen
kelas merupakan kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang
optimal bagi terjadinya proses belajar efektif di dalam ruangan kelas.
Manajemen kelas yang efektif akan memaksimalkan kesempatan pembelajaran
murid.
Kelas padat,Kompleks,dan Berpotensi Kacau
Dalam menganalisis lingkungan kelas, Walter Doyle
(1986) mendeskripsikan enam karakteristik yang merefleksikan kompleksitas dan
potensi problemnya:
-
Kelas adalah multidimensional. Kelas adalah setting untuk banyak aktivitas,
mulai dari aktivitas akademik seperti membaca, menulis,dan matematika sampai
aktivitas sosial.
-
Aktivitas terjadi secara simultan. Banyak aktivitas kelas terjadi secara
simultan. Satu klaster murid mungkin mengerjakan tugas menulis,yang lainnya
mendiskusikan suatu cerita bersama guru, dan murid lainnya mengerjakan tugas
yang lain.
-
Hal-hal terjadi secara cepat. Kejadian sering kali terjadi dikelas dan
membutuhkan respon cepat.
-
Kejadian seringkali tidak bisa diprediksi.
-
Hanya ada sedikit privasi.
- Kelas punya sejarah.
Memulai dengan Benar
Salah satu kunci untuk mengelola kompleksitas adalah mengelola hari-hari
pertama dan minggu-minggu awal masa sekolah secara cermat dan hati-hati. Dengan
membangum ekspektasi, aturan, dan aktivitas rutin di minggu-minggu awal akan
membantu memperlancar kegiatan kelas dan memudahkan pengembangan lingkunagn
kelas yang positif lalu gunakan masa-masa ini untuk (1) menyampaikan aturan dan
prosedur yang anda gunakan pada kelas dan mengajak murid bekerja sama untuk
mematuhinya. (2) mengajak murid terlibat aktif dalam semua aktivitas pembelajaran.
Penekanan pada Intruksi dan Suasana Kelas yang Positif
Dalam sebuah studi klasik, Jacob Kounin (1970) tertarik untuk menemukan
bagaimana guru merespon perilaku murid yang menyimpang. Manajer yang
efektif jauh lebih baik ketimbang manajer yang tidak efektif dalam manajemen
aktivitas kelompok. Para peneliti dibidang psikologi pendidikan senantiasa
menemukan bahwa guru yang membimbing dan menata kegiatan kelas secara kompeten
jauh lebih efektif ketimbang guru yang hanya menekan pada kedisiplinan.
Tujuan dan Strategi Manajemen.
Manajemen kelas yang efektif memiliki
dua tujuan:
1. Membantu murid menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan
mengurangi waktu aktivitas yang tidak diorentasikan pada tujuan. Carol
Weinstein (1997) mendeskripsikan jumlah waktu yang tersedia untuk berbagai
aktivitas kelas disekolah menengah yang biasanya rata-rata 42 menit. Waktu
belajar tahunan biasanya sekitar 62 jam, yang kira-kira hanya setengah
hari dari waktu yang diwajibkan.
2. Mencegah murid mengalami problem akademik dan Emosional. Kelas yang
dikelola dengan baik tidak hanya akan meningkatkan pembelajaran yang berarti,
tetapi juga membantu mencegah berkembangnya problem emosional dan akademik.