Popular Post

Popular Posts

Posted by : Reyhan Lubis Minggu, 02 Juli 2017

Mengapa Kelas Perlu Dikelola Secara Efektif?
Manajemen kelas merupakan kegiatan untuk menciptakan dan mempertahankan kondisi yang optimal bagi terjadinya proses belajar efektif di dalam ruangan kelas. Manajemen kelas yang efektif akan memaksimalkan kesempatan pembelajaran murid. 
Kelas padat,Kompleks,dan Berpotensi Kacau
     Dalam menganalisis lingkungan kelas, Walter Doyle (1986) mendeskripsikan enam karakteristik yang merefleksikan kompleksitas dan potensi problemnya:
-          Kelas adalah multidimensional. Kelas adalah setting untuk banyak aktivitas, mulai dari aktivitas akademik seperti membaca, menulis,dan matematika sampai aktivitas sosial.
-          Aktivitas terjadi secara simultan. Banyak aktivitas kelas terjadi secara simultan. Satu klaster murid mungkin mengerjakan tugas menulis,yang lainnya mendiskusikan suatu cerita bersama guru, dan murid lainnya mengerjakan tugas yang lain.
-          Hal-hal terjadi secara cepat. Kejadian sering kali terjadi dikelas dan membutuhkan respon cepat.
-          Kejadian seringkali tidak bisa diprediksi.
-          Hanya ada sedikit privasi.
            -          Kelas punya sejarah.

Memulai dengan Benar
Salah satu kunci untuk mengelola kompleksitas adalah mengelola hari-hari pertama dan minggu-minggu awal masa sekolah secara cermat dan hati-hati. Dengan membangum ekspektasi, aturan, dan aktivitas rutin di minggu-minggu awal akan membantu memperlancar kegiatan kelas dan memudahkan pengembangan lingkunagn kelas yang positif lalu gunakan masa-masa ini untuk (1) menyampaikan aturan dan prosedur yang anda gunakan pada kelas dan mengajak murid bekerja sama untuk mematuhinya. (2) mengajak murid terlibat aktif dalam semua aktivitas pembelajaran.

Penekanan pada Intruksi dan Suasana Kelas yang Positif
Dalam sebuah studi klasik, Jacob Kounin (1970) tertarik untuk menemukan bagaimana guru merespon perilaku murid  yang menyimpang. Manajer yang efektif jauh lebih baik ketimbang manajer yang tidak efektif dalam manajemen aktivitas kelompok. Para peneliti dibidang psikologi pendidikan senantiasa menemukan bahwa guru yang membimbing dan menata kegiatan kelas secara kompeten jauh lebih efektif ketimbang guru yang hanya menekan pada kedisiplinan.
Tujuan dan Strategi Manajemen.
       Manajemen kelas yang efektif memiliki dua tujuan:
1. Membantu murid menghabiskan lebih banyak waktu untuk belajar dan mengurangi waktu aktivitas yang tidak diorentasikan pada tujuan. Carol Weinstein (1997) mendeskripsikan jumlah waktu yang tersedia untuk berbagai aktivitas kelas disekolah menengah yang biasanya rata-rata 42 menit. Waktu belajar tahunan biasanya sekitar 62 jam, yang kira-kira hanya setengah hari  dari waktu yang diwajibkan.
2. Mencegah murid mengalami problem akademik dan Emosional. Kelas yang dikelola dengan baik tidak hanya akan meningkatkan pembelajaran yang berarti, tetapi juga membantu mencegah berkembangnya problem emosional dan akademik.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Life - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -