Popular Post

Popular Posts

Posted by : Reyhan Lubis Minggu, 04 Desember 2016




MAKALAH APLIKASI KOMPUTER
POWER POINT



Disusun Oleh:
KELOMPOK 10
REYHAN AHMAD LUBIS (16-079)
BILLY F. SARAGIH (16-056)

FAKULTAS PSIKOLOGI
UNIVERSITAS SUMTERA UTARA
2016
DAFTAR ISI
PENGERTIAN, SEJARAH dan KELEBIHAN  MS POWER POINT................. 1
KELEMAHAN,FUNGSI DAN CARA MEMBUAT PRESENTASE MS  POWER POINT...................................................................................................... 2
CARA MEMBUAT VIDEO MS POWER POINT................................................ 3
OPERASI DAN KOMPATIBILITAS MS POWER POINT................................. 4
VERSI MS POWER POINT................................................................................... 5
REFERENSI........................................................................................................... 6

















1.PENGERTIAN MS POWER POINT         
Microsoft PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan, apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa, dan trainer. Dimulai pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu, pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung ke dalam paket Microsoft Office 2013.
2. SEJARAH MS POWER POINT
Sejarah Microsoft Powerpoint Program Microsoft Powerpoint pertama kali dikembangkan oleh Bob Gaskins & Dennis Austin. Pada masa itu Ms Powerpoint digunakan sebagai presenter untuk perusahaan bernama Forethought, Inc yang kemudian diubah namanya menjadi Powerpoint. Versi pertama Powerpoint, Powerpoint 1.0 dirilis pada tahun 1087. Saat itu dirilis untuk sistem operasi Apple Macintosh. Powerpoint msih menggunakan warna hitam putih, yang dapat membuat halaman teks & grafik untuk OHP (Overhead Projector). Versi berikutnya muncul setahun kemudian dengan dukungan warna. Pada 31 Juli 1987, Microsoft mengakuisisi Forethought, Inc dan perangkat lunaknya, Powerpoint, seharga 14 juta dollar. Setelah itu versi Powerpoint 2.0 muncul ke pasaran pada tahun 1990. Sejak saat itu Powerpoint telah menjadi bagian yang tidak bisa dipisahkan dalam paket Microsoft Office.
3.KELEBIHAH MS POWER POINT

Keunggulan dari Ms Powerpoint adalah:
·         Mudah dioperasikan
·         Tersedia berbagai macam desain dan animasi
·         Tersedia berbagai macam template menarik
·         Dapat dibuat dengan berbagai format
·         Dapat mengedit foto secara langsung


1
4.KELEMAHAN MS POWER POINT
Harganya mahal. (Gratis jika anda menggunakan versi bajakan

5.FUNGSI MS POWER POINT
Kegunaan atau fungsi Ms Powerpoint adalah sebagai berikut Membuat presentasi dalam bentuk slide-slide Menambahkan audio,video,gambar dan animasi dalam presentasi sehingga presentasi menjadi lebih menarik dan hidup. Mempermudah dalam mengatur dan mencetak slide  Membuat presentasi dalam bentuk softcopy sehingga dapat diakses melalui perangkat komputer .

6.CAR MEMBUAT PERSENTASE DI MS POWER POINT

1. Buka Microsoft PowerPoint sobat, kemudian pilih menu design , lalu pilih theme yang sobat sukai, di sini saya memilih theme Apex. Sobat bisa merubah colors, Fonts dan effectsnya sesuai kesukaan sobat. baca juga: Cara mendapatkan 200+ theme presentasi powerPoint gratis

2. Setelah sobat memilih theme, silahkan ganti tulisan click to add title dengan judul presentasi sobat dan click to add subtitle dengan deskripsinya. Sobat juga bisa menggantinya dengan tulisan yang sobat sukai, karena tidak ada yang mengharuskan sobat harus menulis judul dan subjudulnya.

3. Untuk menambah slide  sobat bisa melakukannya di menu home kemudian klik new slide lalu pilih layout yang sobat butuhkan.

4. Jika sobat ingin menhapus salah satu slide sobat tinggal klik slide yang akan di hapus kemudian klik Del pada keyboard. Sobat juga bisa mengatur slide 1 menjadi slide 2 dengan cara drag and drop.

5. Untuk menambahkan animasi pada pergantian slide sobat bisa melakukannya di menu animation
Klik slide yang akan diberi animasi, kemudian pilih model animasi yang sobat sukai. Jika sobat ingin seluruh slide menggunakan animasi yang sama, silahkan klik apply to All. Sobat juga bisa menambahkan suara dikolom no sound dan mengatur kecepatan animasi di kolom fast. Klik automatically after jika sobat menginginkan perubahan slid tanpa di klik mouse. Untuk melihat hasilnya, silahkan sobat klik preview yang berada di pojok kiri atas.

6. Untuk menambahkan efek animasi pada teks atau gambar dalam presentasi, silahkan klik costume animation kemudian klik teks yang akan di kasih animasi, lalu pilih add effect. Silahkan dicoba-coba sendiri ya.

7. Klik Slide Show untuk melihat hasil keseluruhan (full screen)
2
8. Jika presentasi sudah di buat silahkan disimpan. Jika sobat ingin mengeditnya di kemudian hari silahkan klik ctrl+S, tetapi jika sobat ingin menyimpan hanya dalam slidshow, klik logo Microsoft office/shave as/PowerPoint show. Jika sobat memilih ini, hasilnya tidak akan bisa di edit lagi.


7.CARA MEMBUAT VIDEO DI MS POWER POINT
a. Silahkan buka file powerpoint Anda
b. Klik pada File, maka submenu File akan muncul
c. Klik pada Save and Send, maka macam-macam model penyimpanan akan muncul.
d. Pada pilihan penyimpanan, namun karena disini kita akan lebih fokus pada mengubah file .ppt menjadi video. Silahkan klik pada Create a Video.
e. Sampai di langkah ini, anda bisa mengatur resolusi video beserta dengan timingnya. Setelah Anda selesai melakukkan setting, silahkan klik Create Video.
f. Jendela penyimpanan akan muncul. Silahkan masukkan nama video yang anda inginkan kemudian klik Save.
g. Proses konversi akan berjalan, lama waktu tergantung dari banyaknya slide powerpoint yang anda konversi, resolusi video target, serta timingnya. Process bar bisa anda lihat pada bagian bawah program Microsoft Powerpoint (perhatikan bagian di kotak merah).
h. Setelah proses konversi selesai, anda bisa membuka video hasil konversi dengan media player pada komputer anda. Format video adalah .WMV (windows media video) dan dibawah ini saya membukanya menggunakan VLC Media Player.
Semua elemen yang berada dalam presentasi powerpoint akan masuk dalam video mulai dari gambar, efek transisi, efek suara, sampai dengan animasi. Jadi pastikan anda sudah mengecek semua elemen presentasi sebelum anda mengkonversinya menjadi video. Terima kasih sudah membaca, dan sampai jumpa di tutorial selanjutnya.


3
8.OPERASI MS POWER POINT
Dalam PowerPoint, seperti halnya perangkat lunak pengolah presentasi lainnya, objek teks, grafik, video, suara, dan objek-objek lainnya diposisikan dalam beberapa halaman individual yang disebut dengan "slide". Istilah slide dalam PowerPoint ini memiliki analogi yang sama dengan slide dalam proyektor biasa, yang telah kuno, akibat munculnya perangkat lunakkomputer yang mampu mengolah presentasi semacam PowerPoint dan Impress. Setiap slide dapat dicetak atau ditampilkan dalam layar dan dapat dinavigasikan melalui perintah dari si presenter. Slide juga dapat membentuk dasar webcast (sebuah siaran di World Wide Web).
PowerPoint menawarkan dua jenis properti pergerakan, yakni Custom Animations dan Transition. Properti pergerakan Entrance, Emphasis, dan Exit objek dalam sebuah slide dapat diatur oleh Custom Animation, sementara Transition mengatur pergerakan dari satu slide ke slide lainnya. Semuanya dapat dianimaskan dalam banyak cara. Desain keseluruhan dari sebuah presentasi dapat diatur dengan menggunakaan Master Slide, dan struktur keseluruhan dari prsentasi dapat disunting dengan menggunakan Primitive Outliner (Outline).PowerPoint dapat menyimpan presentasi dalam beberapa format, yakni sebagai berikut:
  • *.PPT (PowerPoint Presentation), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPS (PowerPoint Show), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.POT (PowerPoint Template), yang merupakan data biner dan tersedia dalam semua versi PowerPoint (termasuk PowerPoint 12)
  • *.PPTX (PowerPoint Presentation), yang yang merupakan data dalam bentuk XML dan hanya tersedia dalam PowerPoint 12.
9.KOMPATIBILITAS
Mengingat Microsoft PowerPoint merupakan program yang sangat populer, banyak aplikasi yang juga mendukung struktur data dari Microsoft PowerPoint, seperti halnya OpenOffice.org. OpenOffice.org Impress|Impress dan Apple Keynote. Hal ini menjadikan program-program tersebut dapat juga digunakan sebagai alternatif untuk PowerPoint, karena selain tentunya dapat membuka format PowerPoint, aplikasi-aplikasi tersebut tentunya memiliki fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh PowerPoint.
Meskipun demikian, karena PowerPoint memiliki fitur untuk memasukkan konten dari aplikasi lainnya yang mendukung Object Linking and Embedding (OLE),
4
beberapa presentasi sangat bergantung pada platform Windows, berarti aplikasi lainnya, bahkan PowerPoint untuk Macintosh sekalipun akan susah untuk membuka presentasi tersebut, dan bahkan kadang-kadang tidak dapat membukanya secara sukses dalam Macintosh. Hal ini mengakibatkan adanya kecenderungan para pengguna untuk menggunakan format dengan struktur data yang terbuka, seperti halnya Portable Document Format (PDF) dan juga OpenDocument dari OASIS yang digunakan oleh OpenOffice.org dan tentunya meninggalkan PowerPoint. Walaupun Begitu, Microsoft sudah melakukan hal serupa saat merilis format presentasi berbasis XML (PowerPoint 12).
Versi


Versi PowerPoint


PowerPoint 1.0
Mac OS classic
T/A


PowerPoint 2.0
Mac OS classic
T/A


PowerPoint 2.0
Windows 3.0
T/A


PowerPoint 3.0
Mac OS classic
T/A


PowerPoint 3.0
T/A


PowerPoint 4.0
Microsoft Office 4.x


PowerPoint 4.0
Mac OS classic
T/A


PowerPoint 7 for Windows 95
Microsoft Office 95


PowerPoint 97
Microsoft Office 97


PowerPoint 98
Mac OS Classic
Microsoft Office 1998 for Mac


PowerPoint 2000
Microsoft Windows 98, Windows NT 4.0, Windows 2000


PowerPoint 2001
Mac OS X
Microsoft Office 2001 for Mac


PowerPoint 2002
Windows 2000/XP


PowerPoint v.X
Mac OS X
Microsoft Office:mac v.X


PowerPoint 2003


PowerPoint 2004
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2004


PowerPoint 2007


PowerPoint 2008
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2008


PowerPoint 2010
Windows 7 (Disarankan), Windows Vista (Service Pack 2), Windows XP (Service Pack 3) Windows Server 2008, Windows Server 2008 R2
Microsoft Office 2010


PowerPoint 2011
Mac OS X
Microsoft Office:mac 2011


PowerPoint 2013
Windows 8 (Disarankan), Windows 7, Windows Server 2008 R2, Windows Server 2012, Mac OS X (Office 365)
Microsoft Office 2013 & Office 365






















6
REFRENSI

dan-cepat.html










7

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Life - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -