Popular Post

Popular Posts

Posted by : Reyhan Lubis Senin, 03 April 2017

RESUME 2

PEMBELAJARAN
Dalam psikologi pendidikan pembelajaran merupakan hal penting. Pembelajaran dapat juga diartikan sebagai pengaruh permanen atas perilaku, pengetahuan, dan keterampilan berfikir dan diperoleh melalui pengalaman.

PENDEKATAN DALAM PEMBELAJARAN
Dalam segi behavioral. Behaviorisme merupakan pandangan yang menyatakan bahwa perilaku harus dijelaskan melalui pengalaman yang dapat diamati, bukan dengan proses mental. Proses mental didefenisikan oleh psikolog sebagai pikiran, perasaan dan motif yang kita alami namun tidak bisa dilihat oleh orang lain.
Pandangan behavioral didalam pembelajaran terdapat dua jenis yaitu pengkondisian klasik (classical condition) dan pengonsisian operan (operan condition). Kedua pandangan ini menekankan pembelajaran asosiasi yang terdiri dari keterkaitan atar kejadian yang ada.

dalam segi kognitif, selama beberapa dekade terakhir psikologi cenderung menggunakan dari segi kognitif dan berlanjut hingga saat ini.
terdapat empat pendekatan kognitif untama untuk pembelajaran :
1. 
    1. Kognitif sosial, menekankan tentang perilaku, lingkungan, dan orang saling berinteraksi memengaruhi proses pembelajaran
22.   Pemrosesan informasi, menitikberatkan bagaimana seseorang memproses informasi melalui perhatian, ingatam, pemikiran, dan proses kognitif lainnya
33.  Konstruktivis kognitif, menekankan konstruksi kognitrif terhadap pengetahuan dan pemahaman
44.   Konstruktivis sosial, fokus pada kolaborasi dengan orang lain untuk mendapatkan pengetahuan dan pemahaman.

 PENDEKATAN BEHAVIORAL UNTUK PEMBELAJARAN
Pengkondisian Klasik (classical conditioning)

Pengkondisian klasik atau classical conditioning merupakan  tipe pembelajaran dimana suatu objek yang belum terkondisi lalu dikondisikan untuk mengetahui respon yang akan dihasilkan setelah pengondisian. Pavlov melakukan penelitian pengkondisian klasik menggunakan seekor anjing. Ia meneliti respon anjing terhadap stimulus yang diberikan sebelum dan sesudah pengondisian.
ada beberapa terminologi terhadap percobaan pavlov :
1.      Unconditional Stimulus (UCS) adalah stimulus alami atau be;lum dikondisikan
2
--   Unconditional Response (UCR) adalah respon alami yang dihasilkan melalui stimulus alami tanpa adanya pengondisian

3.      Conditional Stimulus (CS) adalah stimulus yang tidak dikondisikan atu stimulus yang diberikan saat masa percobaan berlangsung yang akan menghasilkan respon yang diinginkan peneliti

4.      Conditional Response (CR) adalah respon yang telah dikondisikan pada suatu percobaan atau hasil dari stimulus yang telah dikondisikan

pada percobaan yang dilakukan Pavlov, anjing akan mengeluarkan saliva (UCR) saat diberikan makanan (UCS) ini dilakukan sebelum pengondisian. lalu ketika anjing diberi bunyi bel  (Netral) anjing tidak memberikan respon. Pengkondisian pavlov terjadi ketika bunyi bel maka ia akan memberikan makanan sesudahnya. Setelah beberapa kali dilakukan, maka anjing akan mengeluarkan saliva (CR) ketika diberikan bunyi bel (CS).


GENERALISASI, DISKRIMINASI STIMULUS DAN PELENYAPAN

Generalisasi stimulus adalah proses dimana, setelah suatu stimulus dikondisikan untuk menghasilkan suatu respon tertentu, stimulus yang mirip dengan stimulus asli menghasilkan respon yang sama.

Diskriminasi stimulus adalah proses yang terjadi jika dua stimulus cukup berbeda satu sama lain diama satu stimulus membangkitkan suatu respon terkondisi, namun stimulus yang lain tidak, kemampuan untuk membedakan dua stimulus atau lebih

Pelenyapan adalah fenomena dasar dari belajar yang terjadi ketika suatu respon yang sebelumnya telah terkondisi menurun dalam frekuensi dan bahkan menghilang.



Pengkondisian Operan
            Pengkondisian operan adalah pembelajaran dimana suatu respon yang disadari diperkuat atau diperlemah, tergantung pada konsekuensi yang menyenangkan atau tidak menyenangkan.
Hukum Efek menurut Thorndike adalah konsekuensi dari respon menentukan apakah respon akan dilakukan dimasa depan. Hukum  efek Thorndike menyatakan bahwa perilaku yang diikuti dengan hasil positif akan diperkuat dan bahwa perilaku yang diikuti hasil negative akan diperlemah.
Pengkondisian Operan Skinner. Dimana konsekuensi perilaku akan menyebabkan perubahan dalam probabilitas periaku itu akan terjadi, merupakan inti dari behaviorisme Skinner. Konsekuensi berupa imbalan atau hukuman.sedangkan penguatan (imabalan) adalah konsekuensi yang meningkatkan probabilitas bahwa suatu perilaku akan terjadi.


Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Life - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -