Popular Post

Popular Posts

Posted by : Reyhan Lubis Sabtu, 08 April 2017

REVIEW 3


INTELEGENSI
Intelegensi merupakan keahlain memecahkan masalah dan kemampuan untuk beradaptasi pada, dan belajar dari pengalaman hidup sehari-hari.
Tes Intelegensi  Individual
1.       Tes Binet
Pada 1904 Binet menyusun metode guna mengidentifikasikan anak-anak yang tidak mampu belajar di sekolah
Binet mengembangkan konsep mental age (MA) atau usia mental, yakni level  perkembangan mental individu yang berkaitan dengan pengembangan lain. Pada tahun 1912 William Stern menciptakan konsep intellegence quotient (IQ), yaitu usia mental seseorang dibagi dengan usia kronologis (chronological age-CA), dikalikan dengan 100.
IQ=MA / CA X 100.

CATATAN : mental age merupakan level perkembangan mental individual yang berhubungan                                           dengan perkembangan lainnya. Sedangkan intelegence quotient merupakan usia mental (MA) seseorang dibagi dengan usia kronologis (CA), dikalikan dengan 100.

Tes Stanford-Binet masih menjadi salah satu tes yang paling banyak digunakan untuk menilai intelegensi murid (Aiken, 2003; Walsh & Betz, 2001).
2.       Skala Wechsler
Skala Wechsler dikembangkan oleh David Wechsler. Tes inni mencakup Wechsler preschool and primary scale of intelegence-Revised (WPSI-L) untuk menguji anak usia 4 sampai 6 ½  tahun; Wechsler intelegence scale for childern-revised (WISC-R) untuk anak remaja dari usia 6 hingga 16 tahun; dan Wechsler adult intelegence scale-revised (WAISC-R)
Wechsler juga menunjukkan IQ verbal dan IQ kinerja . IQ verbal terdiri dari enam skala IQ kinerja terdiri dari lima subskala kinerja.

TEORI INDIVIDUAL VERSUS TES KELOMPOK
Tes kelompok lebih nyaman dan ekonomis ketimbang tes individual, namun juga ada kekurangan nya, saat tes dilakukan pada satu kelompok besar, peneliti tak dapat menyusun laporan individual, menentukan tingkat kecemasan murid, dan sebagainya. Dalam situasi tes kelompok besar, murid mungkin tidak memahami intruksi atu mungkin diganggu oleh murid lainnya.
TEORI MULTIPLE INTELEGENCE
Teoti intelegensi triarkis memiliki pandangan oleh stanberg bahwa intelegensi  muncul dalam tiga bentuk utama: analitis, kreatif, dan praktis.

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

- Copyright © Life - Devil Survivor 2 - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -